Baznas Kampar Raih Baznas Award 2024 Sebagai Baznas Kabupaten Perencana Terbaik Se Indonesia.

HomeDaerahKab. Kampar

Baznas Kampar Raih Baznas Award 2024 Sebagai Baznas Kabupaten Perencana Terbaik Se Indonesia.

Usai Dilantik, Pj Gubri Ramah Tamah Bersama Pj Bupati/Walikota se-Provinsi Riau, S.F Hariyanto : “Katanya Riau berduit tapi jalannya penuh lobang.”
Ketersediaan Darah Aman Selama Ramadhan, Ini Langkah PMI Kampar
Tertarik Dengan Peternakan di Kampar, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus SE.MM Terima Kunjungan Pemkab Bungo Jambi.

Bangkinang, perjuanganrakyat.com – Kerja Keras Badan Zakat Nasional (Baznas) Kampar dalam menyusun perencanaan  kegiatan pantas diberikan apresiasi. Hal ini terbukti Baznas Kampar mendapatkan  penghargaan sebagai Baznas kabupaten terbaik dalam dalam bidang perencana  se Indonesia untuk tahun 2024.  

Piagam penghargaan ini lansung  diserahkan oleh Ketua Umum Baznas RI Prof DR KH Noor mohammad MA dalam ajang BAZNAS Award tahun 2024 di Jakarta. Kamis,29-02-24

Ketua Baznas Kampar Purwadi melalui Pimpinan Wakil Ketua III Bidang Perencana, dan Pengelola Keuangan Yatarullah S. Ag SH MHum kepada www.ruangindonesiabicara.com menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan bagi pihaknya karena ini merupakan penghargaan pertama bagi Baznas Kampar semenjak lembaga ini terbentuk di kabupaten Kampar.

“Tentunya kami sangat senang dan berterima kasih kepada Baznas RI yang sudah memberikan kepercayaan ini ” jelas Yatarullah

Yatarullah menjelaskan bahwa Baznas Award ini merupakan ajang penghargaan dan apresiasi kepada Baznas Provinsi dan kabupaten Kota dalam berbagai kategori, diantaranya Baznas dengan perencanaan dan pengelolaan terbaik, Baznas dengan  penyaluran terbaik dan sebagainya. 

“Alhamdulillah Baznas Kampar ternyata mendapatkan dalam kategori bidang perencana terbaik untuk tingkat kabupaten dan Kota” jelasnya. 

Yatarullah menjelaskan bahwa indikator untuk keberhasilan ini adalah dalam penyusunan dokumen perencanan rencana Kerja (Renja) dan Rencana Strategis. Rencana Kerja adalah dokumen untuk satu tahun, sedangkan Rencana strategis adalah dokumen yang membuat perencanaan untuk lima tahun yang dibuat pada masa awal periode kerja. 

Dalam RenJa ini memuat perencanaan memuat tentang rencana kerja pengumpulan, penyaluran dan bentuk zakat yang disalurkan.  Pengumpulan zakat, dalam hal ini dinilai apakah ada sosialisasi, edukasi kepada pemberi zakat (muzzakki) . Lalu juga dinilai dengan rencana penyaluran,  siapa siapa saja rencana mustahik (penerima zakat)  yang akan diberikan zakat tersebut , dan yang terakhir adalah apa apa saja bentuk zakat yang akan disalurkan. 

Selain perencanaan dengan tiga komponen diatas, ada hal lain juga adalah adanya rencana kolaborasi antara program Baznas dengan program Pemerintah Kabupaten Kampar, seperti program penurunan angka stunting, maka Baznas Kampar juga memuat penurunan stunting ini sebagai bagian dari perencana program Baznas.

Dan penilaian terakhir adalah ketepatan waktu.  “Alhamdulillah selama ini Baznas Kampar selalu menyelesaikan laporan dokumen perencana ini selalu tepat waktu, terutama untuk RenJa yang biasanya dilakukan  sebelum tahun berakhir.”ucap Yatarullah

Yatarullah mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang sudah memberikan dukungan kepada Baznas Kampar. Penghargaan ini akan  menambah semangat dan motivasi bagi Baznas Kampar untuk memberikan pengabdian yang terbaik.

Baznas Kampar saat ini ada berbagai bentuk program zakat, seperti Kampar Sehat,  Kampar Cerdas, Kampar Peduli dan lainnya.(Advetorial).

COMMENTS