Disdikpora : Anggota Pramuka Dididik Untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup

HomeDaerahKab. Kampar

Disdikpora : Anggota Pramuka Dididik Untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup

Ikuti Pawai Ta’aruf Sambil diarak Dikiu Gubano dan Kapal Hias, Pj Bupati Kampar Serahkan Al-Qur’an dan Tasbih Kepada Gubernur Riau.
Pj Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan Hut Damkar ke 105, Hambali ; “Terus Tingkatkan Pengabdian dan Berikan Rasa Aman Kepada Seluruh Warga Negara”.
Ketua PBSI Kampar Terpilih Hadiri Bukber di KONI dengan Cabor

Bangkinang Kota, perjuanganrakyat.com – Pj Bupati Kampar Hambali SE MH yang diwakili Kadis Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Kampar Aidil SH menghadiri pembukaan Scout Camp Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP) ke-2 tahun 2024 yang dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Pahlawan Prof Dr Amir Luthfi dengan pemukulan gong secara simbolis di Perkemahan Kebun Raya Universitas Pahlawan. Kamis Pagi,22/2/24

“Selamat mengikuti kegiatan Scout Camp di Universitas Pahlawan kepada seluruh utusan gugus terpilih. Kita tentunya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menaja kegiatan ini dari awal hingga akhir.” Ungkap Rektor Universitas Pahlawan saat memberikan sambutan.

Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dan mengundang seluruh SMA sederajat se-Kabupaten Kampar.

“Scout camp ini hendaknya rutin diadakan setiap tahunnya, selain memberikan pendidikan pramuka bagi gugus-gugus yang ada di Kabupaten Kampar kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi siswa SMA sederajat untuk mengenali lingkungan Universitas.” Harap Amir Lutfhi

“Alhamdulillah ditahun ini kita dapat melaksanakan kegiatan Scout Camp ke-2 Di Bumi Perkemahan Universitas Pahlawan. Kemudian Saya ucapkan selamat kepada seluruh siswa-siswa SMA yang telah terpilih untuk mengikuti kegiatan pramuka ini.” Tutup Rektor

Sementara itu Aidil SH mengatakan gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia yang mempunyai visi dan misi untuk mempersiapkan para pemimpin bangsa yang memiliki watak, kepribadian dan akhlak yang mulia.

Aidil menjelaskan Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia. Dari sini setiap anggota pramuka dididik untuk mempunyai karakter, sikap mental, dan kecakapan hidup atau keterampilan untuk menghadapi permasalahan-permasalahan yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang.” ujar Aidil.

“Banyak hikmah yang dapat dipetik dengan mengikut kegiatan pramuka, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong yang bermoral tinggi. Melalui gerakan pramuka sebagai tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.”ucap Aidil

Dari pramuka, banyak yang dapat dipelajari dari berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Anak-anakku dapat belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggung jawab dan belajar memimpin anggota yang lain.” ungkap Aidil.

Kadis Dikpora ini juga berpesan agar siswa SMA yang mengikuti Jaga kesehatan dan kegiatan ini juga dapat mengenali program studi yang ada di Universitas Pahlawan agar lebih akrab dengan kampus. Selain menambah wawasan terhadap lingkungan Universitas, dalam kegiatan Scout Camp ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi setiap siswa SMA.

Tampak hadir pada acara tersebut Kwartir daerah Riau kak Kak syarudi SH, Wakil ketua bina muda kwartir cabang Kampar Kak Syafruddin Mpd. (Advetorial)

COMMENTS