Tinjau Pintu Air PLTA Koto Panjang, Plh Sekda Kampar Yusri Menghimbau Agar Masyarakat Selalu Berhati-Hati Untuk Tidak Beraktivitas Di Daerah Aliran Sungai Kampar.

HomeDaerahKab. Kampar

Tinjau Pintu Air PLTA Koto Panjang, Plh Sekda Kampar Yusri Menghimbau Agar Masyarakat Selalu Berhati-Hati Untuk Tidak Beraktivitas Di Daerah Aliran Sungai Kampar.

Pj Sekda Kampar Ahmad Yuzar Pimpin upacara Hardiknas Yang Bertema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”
Ini Yang Dilakukan Disbunnak Keswan Kampar Untuk Pengendalian Wabah PMK
Disbunnak Keswan Kampar Lakukan Program Peremajaan Sawit Rakyat

XIII Koto Kampar, Perjuanganrakyat.com – Dengan Tingginya curah hujan serta air sungai Kampar semakin tinggi, Pj Bupati Kampar H. Hambali, SE, MH yang diwakili oleh Plh. Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si melakukan koordinasi dan Monitoring serta meninjau langsung di Pintu Buka Air PLTA serta Kantor PLTA Koto Panjang, Kamis (28/12/2023).

Dalam peniinjauan tersebut dihadiri Kasatpol PP Kampar Arizon, Kadis Perikanan Zulfahmi, Camat Kuok Hadinur Rahman, Kapolsek Bangkinang Barat IPTU Rekmusnita, Kades Merangin Hamdani dengan tujuan untuk memantau debit air serta mengambil langkah untuk percepatan antisipasi Masyarakat terhadap Banjir.

Dalam arahannya, Plh. Sekda Kampar Drs. H. Yusri, M.Si mengatakan bahwa dalam mengunjungi PLTA Koto Panjang ini untuk memantau debit air dan kemungkinan kenaikan banjir serta dapat mengambil langkah antisipasi dalam menangani Banjir yang berdampak di pemukiman masyarakat kampar yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kampar.

“Saya minta pihak PLTA dapat menginformasikan kepada Pemerintah Kabupaten, Camat dan Kepala Desa agar informasi tersebut segera dapat diterima oleh masyarakat supaya tidak menimbulkan Kepanikan masyarakat terhadap pelaku usaha Keramba di aliran sungai Kampar dan antisipasi banjir dirumah pemukiman Masyrakat disekitar sungai.”ungkapnya.”

Datuk Bandaro Mudo yang ini juga menyampaikan Himbauan kepada masyarakat yang tinggal disepanjang Daerah Aliran Sungai Kampar untuk tetap berhati-hati serta sebaiknya tidak beraktivitas di kawasan sungai saat tingginya debit air Sungai Kampar meningkat serta tingkatkan pengawasan terutama terhadap anak-anak agar tidak bermain di tepian sungai Kampar, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pemerintah akan selalu berupaya untuk mengantisipasi bencana ini, sehingga masyarakat untuk tetap tenang dan selalu berhati-hati.”tutupnya.”

Sementara itu, Erickman Management PLTA Koto Panjang Mewakili Manager PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munawir dalam menerima kunjungan Pemkab Kampar ini menyatakan kami secara rutin dan Kontiniu selalu untuk menginformasikan ketika Pembukaan Pintu air PLTA.

“Dan pihak PLTA Koto Panjang selalu mengirim surat pemberitahuan Melalui Bupati Kampar bahwa Pada tanggal 26 Desember 2023, Pukul 14:00 Wib, dibuka Spillway Gate ( Pintu Perlimpahan) secara bertahap dengan Penambahan sebesar 60 Cm dengan dibukanya pintu air ini akan berdampak pada meningkatnya debit dan ketinggian air di sepanjang daerah aliran Sungai Kampar setinggi 30 CM hingga 60 Cm, Informasi ini telah disebarluaskan melalui Diskominfo Kampar dan Masyarakat Kampar.”tutup Erickman yang didampingi oleh managemen PLTA Koto Panjang.”

Senada Dengan Plh Sekda Kampar Camat Kuok Hadinur Rahman menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kampar dan Pihak PLTA Koto Panjang yang telah meberikan perhatian terhadap kondisi yang saat ini dialami masyarakat khsuusnya daerah-daerah yang berada di Hilir Waduk PLTA Koto Panjang, kondisi banjir ini telah mengakibatkan terganggunya ekonomi masyarakat terutama Petani keramba Ikan dan pertanian yang terkena dampak langsung banjir ini. Semoga dampak ini ini dapat kita antisipasi sehingga kerugian tidak terlalu besar” Kata Camat Kuok Hadinur Rahman (Advetorial).

COMMENTS