Wujudkan Kualitas Pendidikan di Kampar, Pemkab Kampar Latih 25 Calon Guru Penggerak.

HomeDaerahKab. Kampar

Wujudkan Kualitas Pendidikan di Kampar, Pemkab Kampar Latih 25 Calon Guru Penggerak.

Dinas Pertanian dan Hortikultura Kampar Berhasil Mengembangkan Padi Sawah Seluas 650 Hektar
Lantik Kades PAW dan Penjabat Kades, Hambali : Tegak Lurus Saja Laksanakan Tugas
Jum’at Bersih, DISHUB Kampar Melaksanakan Gotong Royong Bersama

Bangkinang Kota, Perjuanganrakyat.com – Pj Bupati Kampar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kampar Aidil SH MSi membuka pelaksanaan Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 8 Kabupaten Kampar Tahun 2023, di Aula Kantor Bupati Kampar, Minggu (3/12//2023).

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Riau Reisky Bestary, S.Pd M.Pd, Pengajar Praktik dan 25 orang Calon Guru Penggerak Kabupaten Kampar Angkatan 8, dan tamu undangan yang hadir.

Penanggung jawab acara Admiral S. Pd M, Pd Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kampar melaporkan, 25 orang Calon Guru Penggerak Kabupaten Kampar Angkatan 8, telah mengikuti pendidikan selama 7 (tujuh) bulan. Diawali dengan Lokakarya Orientasi pada Mei 2023 lalu sampai Desember 2023.

Dikatakan Admiral kegiatan ini merupakan lokakarya puncak dalam rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada Lokakarya 7 ini, para Calon Guru Penggerak Angkatan 8 akan menampilkan produk hasil belajar yang berpusat pada murid di satuan pendidikan lingkungan kerja masing-masing.

Mewakili Kepala BBGP Riau Reisky Bestary, S.Pd, M.Pd mengatakan BBGP merupakan unit pelaksana teknis Kemendikbud Ristek yang memiliki tugas pokok yakni mengembangkan dan memberdayakan guru, Kepala Sekolah, Calon Kepala Sekolah, Pengawas, Calon Pengawas, serta melaksanakan dan mengembangkan pemetaan kompetensi serta supervisi.

“Pendidikan Guru Penggerak merupakan salah satu program prioritas dari kebijakan Kemendikbud Ristek tentang Merdeka Mengajar, yang tujuannya untuk menyiapkan para guru menjadi pemimpin pembelajaran”, kata Reisky

Dikatakan, Guru Penggerak ini disiapkan menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya serta menjadi teladan dan agen perubahan ekosistem pendidikan.

Pj Bupati Kampar yang diwakili Kadis Dikpora Kampar Aidil SH MS dalam arahannya mengatakan terimah kasih setinggi-tingginya kepada CGP angkatan 8 yang telah melakukan program pendidikan guru penggerak, pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam mempengaruhi kemajuan bangsa. Maka dari itu, untuk mencapai tujuan pendidikan serta persiapan SDM unggul dan berdaya saing, membutuhkan transformasi pendidikan yang mengedepankan kualitas.

Salah satunya meningkatkan kemampuan kepemimpinan pembelajaran para guru, melalui program pendidikan guru penggerak. Amanat Permendikbud Ristek No. 26 Tahun 2022 menyampaikan, guru penggerak memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan berbasis data, mampu berkolaborasi dengan orang tua, teman sejawat, dan komunitas untuk mengembangkan visi, misi dan program satuan pendidikan.

Selain itu, guru penggerak harus mampu mengembangkan potensi secara mandiri dan berkelanjutan berdasarkan hasil refleksi terhadap praktik pembelajaran, dan menumbuh kembangkan ekosistem pembelajaran melalui olah rasa, olah karsa, olah raga dan olah pikir dengan rekan sejawat dan komunitas secara sukarela.

“Semoga dengan adanya program guru penggerak, kualitas pembelajaran di satuan pendidikan dan kompetensi guru-guru di Kabupaten Kampar semakin meningkat. Dan akhir kata saya ucapkan selamat menikmati panen hasil belajar Guru Penggerak Angkatan 8 Kabupaten Kampar”, tutup Aidil.

Diakhir acara di lanjutkan dengan mengunjungi stand festival panen karya hasil belajar dan penandatanganan komitmen guru penggerak kabupaten Kampar beserta peran-peran guru pengerak PPGP angkatan 8. (Advetorial)

COMMENTS