Pj Bupati Kampar Langsung Serahkan penghargaan Kepada PT RAPP Atas Partisipasinya Sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kabupaten Kampar.

HomeDaerahKab. Kampar

Pj Bupati Kampar Langsung Serahkan penghargaan Kepada PT RAPP Atas Partisipasinya Sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kabupaten Kampar.

Dinas Pertanian Dan Holtikultura Kampar Berharap Dengan Pemakaian Alat Dan Mesin Pertanian Petani Bisa Meningkatkan Hasil Produksi Pertanian
Wakili Pj Bupati Kampar Plh Sekda Kampar Bersama IKAMKJ Serahkan Santunan Anak Yatim Sekaligus Buka Bersama di Resto Stanum Bangkinang
Pengamanan dan Pengaturan Lalu Lintas Dishub Kampar pada MTQ ke-53

Bangkinang Kota, Pergerakanrakyat.com – PT. RAPP terima penghargaan atas partisipasinya sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kabupaten Kampar. Penghargaan yang diserahkan langsung oleh PJ. Bupati Kabupaten Kampar tersebut diterima seusai upacara peringatan HUT Kabupaten Kampar ke-74 tahun 2024, (06/01/24) di halaman kantor Bupati Kabupaten Kampar.

PJ. Bupati Kabupaten Kampar, Hambali, SE,. MH kepada wartawan mengatakan, bahwa penurunan angka stunting merupakan program nasional yang harus kita tindak lanjuti secara serius. Pemerintah Kabupaten Kampar komit dalam penanganan dan penurunan angka anak stunting di Kabupaten Kampar.

Hambali menjelaskan, Penanganan dan penurunan angka stunting membutuhkan anggaran yang banyak. Berdasarkan kajian tim pakar penanganan tim Stunting Kabupaten Kampar, kita membutuhkan sekitar 600 juta perbulan. Satu orang anak, membutuhkan biaya sekitar Rp. 1.200.000,- – Rp. 2.600.000,-. Hal itu berdasarkan kondisi anak dan usia anak, ungkap Hambali.

Mengingat besarnya anggaran penanganan stunting tersebut, tidak mungkin kita hanya mengandalkan APBD saja. Karena jika penanganan stunting hanya menggunakan APBD, tentu akan memberatkan APBD kita, ungkap Hambali.

Hambali mengatakan, agar penanganan stunting ini bisa kita tuntaskan sesuai dengan program nasional dan instruksi dari Presiden RI, maka kita melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Terutama perusahaan – perusahaan besar  yang memiliki profit atau keuntungan dalam bisnisnya, salah satunya PT. RAPP. Penanganan stunting yang melibatkan perusahaan dan seluruh stakeholder adalah dengan pola Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Hambali juga mengatakan, sesuai dengan data yang ada, saat ini Kabupaten Kampar memiliki sebanyak 571 anak stunting. Semua anak stunting sudah dibagi habis oleh Bapak Asuh Anak Stunting yang ada di Kabupaten Kampar. Baik dari perusahaan, KUD, pejabat dan ASN serta stakeholder lainnya. “Kabupaten Kampar sangat komit dalam penanganan anak stunting. Program penanganan anak stunting di Kampar akan kita laksanakan sampai tuntas. Kampar Zero anak stunting,” ungkap Hambali.

Sementara itu, SHR Manager PT. Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP) wilayah Kabupaten Kampar, R. Elwan Jumandri, SH., MH kepada wartawan mengatakan, bahwa PT. RAPP komit memberikan kontribusi untuk penanganan anak stunting di Kabupaten Kampar. Khusus di Kabupaten Kampar, PT. RAPP telah mejadi bapak asuh terhadap 52 anak stunting di Kabupaten Kampar.

Elwan juga mengatakan, bahwa 52 orang anak stunting tersebut tersebar pada beberapa wilayah di Kabupaten Kampar, diantaranya Kecamatan Kampar Kiri, Gunung Sahilan, Kampar Kiri Tengah dan Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

Elwan juga menyampaikan, bahwa 52 orang anak stunting tersebut, selama 3 (tiga) bulan mendapatkan penanganan khusus. Setiap hari kita memberikan asupan gizi dan vitamin yang cukup. Setiap hari mereka juga mendapatkan pendampingan dari tim medis kita, ungkap Elwan.

Selain di wilayah Kabupaten Kampar, PT. RAPP juga memberikan bantuan dalam penanganan stunting pada beberapa wilayah yang ada di Provinsi Riau. Diantaranya Kabupaten Siak, Kuansing, Pulau Padang dan Meranti, ungkap Elwan.

Selain mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang telah memberikan penghargaan kepada PT. RAPP sebagai bapak asuh, Elwan juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang memperingati Hari Jadi ke – 74 tahun 2024. Semoga Kabupaten Kampar terus melaju dan lebih baik. Semoga penanganan stunting di Kabupaten Kampar bisa tuntas dan terlaksana secara baik, ungkap Elwan Jumandri. (Adi Jondri)

COMMENTS