Wakili Pj Bupati Kampar, Ardi Mardiasyah ; Forum Konsultasi Publik RPJPD Bahas Visi Misi Kabupaten Kampar untuk 20 Tahun Kedepan

HomeDaerahKab. Kampar

Wakili Pj Bupati Kampar, Ardi Mardiasyah ; Forum Konsultasi Publik RPJPD Bahas Visi Misi Kabupaten Kampar untuk 20 Tahun Kedepan

Pj Sekda Kampar Launching BAAS Se-Kecamatan Tapung.
Pimpin Apel Gabungan, 70% Telah Terealisasi, Pj Bupati Kampar Tegaskan Percepatan Realisasi APBDP 2023.
Lantik Kades PAW dan Penjabat Kades, Hambali : Tegak Lurus Saja Laksanakan Tugas

BANGKINANG KOTA, Perjuanganrakyat.com – Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus,SE MM yang diwakili Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ardi Mardiansyah,S.STP,M.Si membuka secara resmi Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kampar tahun 2025-2045, Jum’at (22/12/2023).

Saat membuka Kosultasi Publik, Ardi Mardiansyah menyampaikan bahwa dalam penyusunan dokumen RPJPD Kabupaten Kampar dilakukan dengan berbagai tahapan yang memadukan pendekatan teknokratis, partisipatif, politis, dan top-down serta bottom-up, dengan melibatkan para pakar/narasumber yang
berkompeten di bidangnya.

Penjaringan aspirasi dari berbagai elemen masyarakat melalui proses konsultasi publik dan musyawarah perencanaan pembangunan, pembahasan dengan OPD sebagai pelaksana pembangunan, serta konsultasi dengan DPRD Kabupaten Kampar dan Gubernur.

Tujuan dari pembahsan RPJPD sendiri adalah sebagai acuan dasar pemecahan permasalahan daerah melalui koordinasi antar pelaku pembangunan, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antar-fungsi pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat, partisipasi masyarakat; dan

Lebih lanjut, Ardi juga menyebut bahwa Klasifikasi Kabupaten/Kota berdasarkan jumlah penduduk di provinsi riau. Pada tahun 2034-2045 kabupaten kampar diprediksi sudah masuk kategori Kabupaten Metropolitan kedua, setelah Kota Pekanbaru dengan jumlah penduduk diatas 1 juta.

Untuk itu, perlu perhatian terhadap kependudukan seperti Pertumbuhan Penduduk, penuaan penduduk, migrasi dan urbanisasi penduduk, kesehatan reproduksi, ketidaksetaraan jenis kelamin, pengendalian kelahiran, krisis kependudukan, ketahanan pangan serta sumber saya alam.

Dengan demikin, Ardi berharap kepada seluruh Dinas untuk lebih memperhatikan dan mengutamakan program pemerintah sesuai dengan visi dan misi kabupaten kampar dalam RPJMD 2025-2045 kedepan.

Sementara itu Sekretaris Bapeda Kampar Yusdrean, S.Si, M.Si, dalam laporan singkatnya menyampaikan bahwa dalam rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kampar tahun 2025-2045 diikuti seluruh OPD dan Camat dikingkungan Pemda Kampar.

Ini perlu diikuti dan dipahami oleh seluruh peserta, dimana dalam forum ini membahas rencana Pemda Kampar dalam jangka waktu 20 tahun kedepan.

Dimana sebagai narasumber sendiri, dalam forum ini hadir langsung ekspose dari Kepala Bappedalitbang Provisni Riau diwakili Sekretaris Purnama Irawansyah, S.Hut,MM.

Kemudian Ekspose Pokok-pokok Pikiran DPRD Kampar untuk rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten kampar tahun 2025-2045 oleh Anggota Komisi IV DPRD kampar Agus Candra.

Serta Ekspose Kerangka Ekonomi Makro dan Keuangan Daerah Kampar yang disampaikan oleh Tim Ahli Universitas Islam Riau DR. Ir Azharuddin, M.Amin, M.Sc, dan dilanjutkan dengan pendandatangan berita acrara Kesepakatan bersama.(Advetorial).

COMMENTS